GOOGLE

 GOOGLE




A. PENGERTIAN

            Google Search (Google Web Search) merupakan sebuah mesin pencarian web yang disediakan oleh Google Inc. Google Search adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia maya. 
Google adalah search engine atau mesin pencari yang paling terkenal di seluruh dunia selain Yahoo, Bing dan lain sebagainya. Pada awalnya, kata Google sendiri timbul karena salah mengetik pada pendaftaran domain yang pada awalnya merupakan kata googol ciptaan Milton Sirotta seorang ahli matematika Amerika Serikat.

            Ia mengatakan jika bilangan angka 1 dan 100 angka 0 di belakangnya yang menunjukkan jika Google memiliki banyak informasi yang jumlahnya hampir tidak terhitung. Google Search Engine terlahir dari pertemuan 2 orang yang tertarik dengan dunia IT yakni Larry Page serta Sergey Brain.
Kedua orang ini bertemu di perjalanan liburan akhir pekan yang kemudian membuat mereka berdiskusi masalah tentang cara memperoleh kembali data dari set data yang masif. Di bulan Januari tahun 1996, mereka kemudian berkolaborasi membuat search engine bernama BackRub Project sebab sistem yang digunakan adalah memeriksa backlink untuk memperkirakan tingkatan penting tidaknya sebuah situs.
Pada saat yang bersamaan, search engine kecil yakni Rankdex juga sedang melakukan penyelidikan yang sama. Akan tetapi karena terjadi kemunduran, akhirnya Backrub Project direncanakan untuk dijual namun ditolak. Karena tidak bisa menjualnya, maka mereka menginginkan nama yang baru untuk mesin pencari tersebut.



B. FUNGSI

Beberapa fungsi dari Google Search Engine adalah:

1. Untuk Mengindeks Alamat Serta Konten Pada Situs Web
            Fungsi pertama dari Google Search Engine adalah untuk mengindeks alamat sekaligus konten yang ada pada situs web. Crawler atau Bot pada search engine akan menjelajahi internet serta mendata situs web lewat alamat hyperlink.

2. Untuk Menyediakan Informasi Lewat Kata Kunci
            Sesudah mendapatkan informasi serta konten dari banyak situs web, maka pengguna internet akan semakin mudah mendapatkan informasi yang sedang dicari. Sekarang ini, umumnya orang akan mencari sebuah informasi lewat mesin pencari seperti Google. Ada sekitar 4 miliar pencarian yang terjadi per hari di Google. Dengan kata lain, sekitar 40 ribu pencarian dilakukan pada Google di setiap detiknya dan semakin bertambah mengikuti pengguna internet.

3. Untuk Media Pemasaran
            Manfaat berikutnya dari Google Search Engine adalah sebagai media pemasaran. Dengan semakin bertambahnya pengguna per detik, maka Google Search Engine juga ikut menjadi media pemasaran modern sekarang ini.


C. CARA KERJA

1. Crawling
            Di tahapan crawling ini, Google Search Engine akan mengumpulkan data supaya bisa disimpan pada database. Bahkan, ini dilakukan sebelum pengguna mulai mengakses website Google Search Engine tersebut.

2. Indexing
            Sesudah banyak informasi yang terkumpul pada database, maka Google Search Engine akan melakukan proses indexing. Seperti namanya, ini adalah proses untuk mengelompokkan informasi sesuai kategori yang sama. Tujuannya adalah untuk mempermudah tampila hasil pada saat diminta pengguna internet.

3. Ranking
            Langkah selanjutnya adalah menampilkan hasil pencarian sesuai denga urutannya yang lebih dikenal dengan sebutan ranking. Walau Google Search Engine bisa memberi hasil sampai jutaan daftar, akan tetapi 95 persen pengguna hanya bisa melihat hasil yang ditampilkan hanya pada halaman pertama saja.


D. FAKTOR PENENTU HASIL GOOGLE SEARCH ENGINE

1. Intensi atau Makna Query
            Paham dengan yang dicari pengguna merupakan poin penting yang sudah ditekankan Google Search Engine supaya bisa memberikan hasil yang terbaik. Untuk itu, langkah pertama yang dilakukan adalah menganalisis query di kolom penelusuran.

2. Relevansi Webpages
            Google Search Engine akan mencari halaman yang sesuai dengan query. Algoritma 2020 berguna untuk meninjau topik penulusan pada indeks lalu menganalisis frekuensi serta lokasi kata kunci di judul atau header serta isi teks yang ada di halaman web.

3. Kualitas Konten
            Terdapat ribuan bahkan sampai jutaan halaman pada internet dengan informasi yang relevan terhadap query. Untuk itu, algoritma Google Search harus mengevaluasi isi dari halaman tersebut apakah memiliki informasi berguna serta sesuai dengan yang dicari pengguna.

4. Usability Web Pages
            Sebelum menayangkan hasil dari pencarian, Google Search Engine akan mengevaluasi seluruh informasinya lebih dulu. Beberapa diantaranya yang dievaluasi adalah kuantitas dari hasil penelusuran, kesesuaian topik dan luas sempitnya informasi di halaman web. Sesudah semuanya terpenuhi, maka sistem pemberi peringkat baru akan menampilkan hasil.




SUMBER:  https://adammuiz.com/google/

Di rangkum oleh    : Muhammad zulfahmi

Terima kasih kepada dosen pengampuh  : pak zaidir. ST., M,Cs.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH KOMUTER