MICROSOFT ACCESS

MICROSOFT ACCESS 




A. PENGERTIAN

            Microsoft Office Access atau biasa disebut dengan Microsoft Access, merupakan sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Selain Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint, Microsoft Access ini juga termasuk anggota dari beberapa aplikasi di Microsoft Office.



B. MANFAAT

            Manfaatnya adalah kita bisa mengolah data yang lengkap serta memiliki rangkaian kerja yang sistematis.  databese sendiri adalah kumoulan kumpulan suatu informasi  yang di simpan dalam komputer. Sehingga kita dapat mencari dan memeriksa kembali data yang kita buat di sofftare yang di gunakan di komputer yang sama atau terhubung.
Suatu informasi ini di buat dari data ke dalam bentuk tabel yang saling terhubung satu sama lain sehingga bisa saling terhubung ketika di cari akan muncul suatu informasi yang jrlas dan lengkap.



C. FUNGSI

1. Dalam bidang bisnis
        Seperti yang saya jelaskan diatas, bahwasannya Microsoft Access ini dapat digunakan untuk keperluan bisnis anda. Mulai dari bisnis kecil hingga menengah ke atas. Dalam sebuah bisnis tentu saja tidak akan lepas dari kata database. Sebut saja dalam hal sebuah pembuatan laporan, baik laporan keuangan, maupun yang lainnya. Tentu akan jauh lebih praktis, cepat dan lebih baik dengan menggunakan Microsoft Access.

2. Dalam bidang pendidikan
        Lain halnya dalam bidang pendidikan, yang menggunakan Microsoft Access ini untuk berbagai keperluan di sekolah. Dalam hal ini seorang admin sekolahan, tentunya sudah tidak asing lagi dengan program Access. Mengingat program ini juga sering digunakan untuk membuat jadwal siswa/guru ataupun untuk keperluan perpustakaan. Dengan begitu, anda dapat dengan mudah membuat, mengedit, mengatur dan menghapus data.

3. Dalam bidang perkantoran
        Pada fungsi yang ke tiga, mungkin terlihat sama seperti yang pertama. Dalam sebuah perusahaan, tentu memiliki seseorang yang bekerja dengan database bukan. Dan sebagai contohnya adalah sekretaris, administrasi keuangan atau yang lainnya. Memang dalam sebuah perkantoran, hanya beberapa saja yang menggunakan Microsoft Access. Namun tidak menutup kemungkinan adanya program ini, pekerjaan dalam bidang database akan lebih mudah dan praktis.



D. KELEBIHAN

1. Mudah digunakan. Aplikasi ini mudah digunakan dan tidak membingungkan, terutama bagi anda yang masih pemula dalam hal penggunaan Microsoft Access. Namun anda juga tidak perlu khawatir, karena Access berisikan Wizards yang akan memandu anda melalui setiap langkahnya.

2. Sistem database populer. Microsoft Access merupakan salah satu sistem database berbasis desktop paling populer didunia.

3. Menghemat uang. Dengan menggunakan program ini akan lebih ekonomis, daripada sistem lain yang mungkin lebih besar dan lebih mahal. Terlebih menawarkan fungsi dan penggunaan yang sama.

4. Mudah diintergrasikan. Microsoft Access dapat berfungsi dengan baik diberbagai program perangkat lunak berbasis Windows.

5. Kapasitas penyimpanan. Database Microsoft Access dapat menampung data hingga 2 GB.
Import data. Microsoft Access memudahkan anda dalam mengimport data.



E. KEKURANGAN

1. Kapasitas penyimpanan terbatas. jika penyimpanan melebihi 2 GB, maka akan menemui hambatan/permasalahan yang ada. Untuk itu penggunaan Microsoft Access ini cocok untuk bisnis kecil sampai menengah, serta tidak disarankan untuk bisnis menengah ke atas.

2. Multi pengguna yang terbatas. Batas teknis pengguna adalah 255 secara bersamaan, namun untuk batas nyatanya adalah 10 hingga 80 (tergantung jenis aplikasinya)

3. Aplikasi berbayar. untuk dapat menggunakan aplikasi ini, tentu saja anda harus membelinya terlebih dahulu karena program ini satu paket dengan Microsoft Office.




Di rangkum oleh    : Muhammad zulfahmi

Terima kasih kepada dosen pengampuh  : pak zaidir. ST., M,Cs.
    
   
    
    


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH KOMUTER